UPAYA MENGATASI MASALAH KEPERAWATAN NYERI AKUT PADA PENDERITA HIPERTENSI MELALUI TERAPI MUSIK MOZART

Penulis

  • kinantaka arya fasta dewangga akper alkautsar
  • Parmilah Akper Alkautasar Temanggung
  • Tri Suraning Wulandari Akper Alkautasar Temanggung

Kata Kunci:

Hipertensi, Musik Mozart, Nyeri Akut

Abstrak

Latar Belakang: Hipertensi berarti tekanan darah di dalam pembuluh-pembuluh darah sangat tinggi yang merupakan pengangkut darah dari jantung yang memompa darah keseluruh jaringan dan organ-organ tubuh. Apabila hipertensi tidak terkontrol atau tidak diberi perhatian khusus dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti pada jantung yaitu terjadi infark miokard, jantung koroner, gagal jantung kongestif, bila mengenai otak terjadi stroke, dan bila mengenai ginjal akan terjadi gagal ginjal kronis. Terapi musik adalah salah satu cara untuk mengurangi nyeri menggunakan musik untuk membantu mengubah perilaku, perasaan, atau fisiologis tubuh. Tujuan: dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas terapi music mozart pada pasien dengan hipertensi. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pada studi kasus ini peneliti mengambil dua orang pasien sebagai responden studi kasus. Data diambil dari data kualitatif partisipan. Analisa data diambil saat berlangsungnya pengumpulan data dan setelah pengumpulan data selesai. Hasil: Setelah dilakukan tindakan terapi musik mozart, kedua responden mengalami penurunan skala nyeri dari sedang (skala 3) menjadi menurun (skala 5). Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi musik mozart mampu mengatasi nyeri akut pada penderita hipertensi.

Referensi

Aspiani. (2015). Asuhan Keperawatan Klien Gangguan Kardiovaskuler. Penerbit Buku Kedokteran: EGC.

Buku, P. , & Terpadu, T. (2021). APLIKASI TERAPI MUSIK MOZART UNTUK MENGATASI NYERI AKUT PADA PASIEN POST OP FRAKTUR HALAMAN. 10(2), 701–709.

PPNI. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia : Definisi dan Indikator Doagnostik (1st ed. ). DPP PPNI.

PPNI. (2018). Standar luaran Keperawatan Indonesia : Definisi dan Kriteria Hasil Keperawatan (1st ed. ). DPP PPNI.

PPNI. (2019). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia : Definisi dan Tindakan Keperawatan (1st ed. ). DPP PPNI.

Prasetya, K. S. , & Chanif, C. (2020). Penatalaksanaan Resiko Penurunan Perfusi Jaringan Cerebral pada Pasien Hipertensi Emergency. Ners Muda, 1(1), 34. https://doi. org/10. 26714/nm. v1i1. 5484

Reni Agustina Harapan. (2022). Pedoman Pencegahan Penyakit Hipertensi (Hestu Asti dkk (ed. )). Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Yulastari, puti rania, Betriana, F. , & Kartika, I. R. (2018). Terapi Musik Untuk Pasien Hipertensi. Pengetahuan Perawat Terhadap Pelaksanaan Timbang Trima Pasien, 1(1), 1–8.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-01

Terbitan

Bagian

Articles