PENINGKATAN KESEHATAN GIGI PADA SISWA SDN JOHO KECAMATAN/KABUPATEN TEMANGGUNG DENGAN ROLE PLAY CARA GOSOK GIGI YANG BENAR

Penulis

  • Anie Yuliastui
  • Umi Faristin
  • Tri Suraning Wulandari

Abstrak

Memiliki gigi dan mulut yang sehat, beberapa aktifitas seperti berbicara, makan, dan bersosialisasi tidak akan terganggu karena terhindar dari rasa sakit, tidak nyaman, dan malu. Kenyataannya sampai saat ini tingkat kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia masih rendah. Karies gigi merupakan permasalahan gigi yang sering timbul tidak hanya pada orang dewasa tetapi juga dialami oleh anak-anak. Oral hygiene yang buruk dapat menjadi salah satu faktor resiko terjadinya karies. Hasil post test menunjukkan bahwa pengetahuan dan kemampuan siswa untuk menggosok gigi meningkat menjadi 90% pengetahuan baik.

Referensi

Baroroh, K. (2011). Upaya Meningkatkan Nilai-Nilai Karakter Peserta Didik Melalui Penerapan Metode Role Playing. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(2), 149–163.

Blatner, A. (2009). Role Playing In Education (First written in 1995, and corrected October 18, 2009). Retrieved February 1, 2018, from http://www.blatner.com/adam/pdntbk/ rlplayedu.html

Kartini, T. (2007). Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(8), 1– 5.

Astuti. 2006. Teknik Membuat Animasi Profesional Menggunakan Macromedia Flash. Yogyakarta

Effendy, Nasrul. 1998. Dasar-Dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-07-28

Terbitan

Bagian

Articles