EFEKTIVITAS RELAKSASI OTOT PROGRESIF DALAM MENURUNKAN ANSIETAS DITANDAI STRES BERLEBIHAN PADA MAHASISWA D-III KEPERAWATAN YANG SEDANG MENYELESAIKAN TUGAS AKHIR

Penulis

  • Erisa Dila Resnanda Akper Alkautsar Temanggung
  • Tri Suraning Wulandari Akper Alkautsar Temanggung
  • Ratna Kurniawati Akper Alkautsar Temanggung

Abstrak

Latar belakang : Karya tulis ilmiah (KTI) merupakan salah satu tugas yang harus diselesaikan oleh mahasiswa tingkat akhir, dalam hal ini mahasiswa tingkat diploma 3. Masalah yang dihadapi oleh mahasiswa dalam proses penyusunan KTI salah satunya adalah stres. Stres merupakan respon tubuh yang bersifat non spesifik terhadap setiap tuntutan beban atau tekanan yang diterima oleh seseorang. Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi terjadinya masalah keperawatan stress yang berlebihan adalah dengan relaksasi otot progresif. Relaksasi otot progresif mampu memberikan efek yang cukup menenangkan pada tubuh seseorang yang mengalami stres. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran relaksasi otot progresif dapat menurunkan stres berlebihan, khususnya pada mahasiswa tingkat akhir. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif.Hasil studi kasus pada responden 1 dan responden 2 terdapat penurunan tingkat stres yang dialami.Kesimpulannya terapi relaksasi otot progresif dapat menurunkan tingkat stres pada mahasiswa tingkat akhir di Akper Alkautsar Temanggung.

Referensi

Mulawarman yang Sedang Menyusun Skripsi.

Ejournal Psikologi. 2013;1(3): 254-267

Gloria Bulechek dkk.2016.Nursing Interventions Classification.Jakarta:CV Mocomedia

Gunawati, R., Hartati, S., & Listiara, A. (2010). Hubungan antara Efektivitas Komunikasi Mahasiswa-Dosen Pembimbing Utama Skripsi dengan Stres dalam Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi, 3(2),

Hans Selye, 2016, Selye's Guideto Stress Research, New York: Van Nostrand Rainhold

Herdman, T. Heather.2018.NANDA-I Diagnosis Keperawatan : Definisi dan Klasifikasi 2018-2020.Jakarta:EGC

Kirom, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Verbal Linguistik. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 2(2), 204–226.

O'Brien, Patriciaci G.2013. Keperawatan Kesehatan Jiwa Psikiatrik : teori & praktik . Jakarta: EGC

Sarfika, Rika. 2019. “Stress Pada Mahasiswa Keperawatan Dan Strategi Koping Yang Digunakan.”NERS Jurnal Keperawatan 14(2): 81

Setyawati, Martyarini Budi, and Murniati Murniati. 2018. “Stres, Stresor Dan Koping Stres Pada Mahasiswa Keperawatan Dan Kebidanan Di STIKES Harapan Bangsa Purwokerto.”Viva Medika: Jurnal Kesehatan, Kebidanan dan Keperawatan 10(1): 6–12

Soewondo, S. (2016). Stres, Managemen Stres dan Relaksasi Progresif. Depok: LPSP3 UI.

Word Health organization (WHO). Stress A Global Public Health Concern.(online) Desember 2016 : 12/12. www.who.int. (diakses tanggal 16 Oktober 2021)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-04

Terbitan

Bagian

Articles