Relaksasi Otot Progresif Menurunkan Ansietas Pada Mahasiswa Kartu Indonesia Pinter (KIP)

Penulis

  • Dini Sofiyani Akper Alkautsar Temanggung
  • Retno Lusmiati Anisah Akper Alkautasar Temanggung
  • Parmilah Akper Alkautasar Temanggung

Kata Kunci:

Ansietas, mahasiswa KIP, relaksasi otot progresif

Abstrak

Latar belakang : Kartu Indonesia Pintar (KIP) adalah salah satu program dari pemerintah untuk mengatasi masalah pendidikan terkait putusnya kuliah yang disebabkan oleh kekurangan biaya. Masalah yang dihadapi pada mahasiswa KIP salah satunya ansietas. Ansietas merupakan sebuah rasa ketidaknyamanan karena kebutuhan dasar manusia belum tercukupi secara lengkap yang terjadi pada kalangan semua usia dengan prevalensi yaitu 16%-29%, ansietas ditandai dengan sebuah keadaan emosi yang mudah berubah, jantung berdebar-debar, berkeringat dan sesak nafas, persyaratan KIP yang menjadikan faktor utama mahasiswa mengalami ansietas adalah nilai IPK harus lebih dari 3.0 apabila kurang dari 3.0 secara berturut-turut maka beasiswa akan ditarik oleh pemerintah. Tindakan yang dapat dilakukan untuk mengatasi terjadinya masalah keperawatan ansietas adalah dengan relaksasi otot progresif. Relaksasi otot progresif adalah sebuah tindakan dimana otot ditegangkan kemudian dirilekskan, Relaksasi otot progresif mampu memberikan efek yang cukup menenangkan pada penderita ansietas. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran relaksasi otot progresif dapat menurunkan ansietas, khususnya pada mahasiswa KIP. Metode penelitian : Metode penelitian ini adalah studi kasus, data didapatkan dari pengkajian keperawatan (wawancara terstruktur dengan kuesioner, observasi dan pemeriksaan fisik), subjek penelitian ini mengunakan 2 orang klien yang mengalami ansietas sedang. Hasil studi kasus : Terdapat penurunan tingkat ansietas, setelah diberikan ROP selama 3 hari dengan frekuensi 2 kali sehari masing-masing tindakan 15 menit pada responden 1 dan 2. Kesimpulannya : Relaksasi otot progresif dapat menurunkan tingkat ansietas pada mahasiswa KIP di Akper Alkautsar Temanggung.

Referensi

Annisa, Dona Fitri & Ifdil. (2016). Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Jurnal Konselor. Vol 5. No. 2. Hal 93-99.

Asni, Nur (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecemasan Mahasiswa Keperawatan FIKES UMP Menghadapi Praktek Klinik Keperawatan. Bachelor Thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Belmawa Ristekdikti. (2017). Pedoman Bidikmisi: Program Bantuan Pendidikan bagi Calon Mahasiswa yang Tidak Mampu secara Ekonomi dan Berpotensi Akademik Baik. Jakarta.

Ristekdikti. (2019). Judul Bidikmisi (nomor publikasi). Penerbit : Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti. Diakses dari URL https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Gumilang, SA. Problematika Dan Strategi Coping Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ilmu Pendidikan Di Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. (2015).

Hastutik, A. T. (2018). Hubungan Antara Kecemasan Dengan Harapan Mahasiswa Bidikmisi Departemen Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Universitas Diponegoro.

Hidayat, Eyet., Zaitun., Rochayati (2017). Pengaruh Terapi Relaksasi Otot Progresif Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Mahasiswa Tingkat III AKPER Muhammadiyah Cirebon. Jurnal Keperawatan Soedirman. Vol 12. No 2.

Katz, C., Stein, M.B., Sareen, J. Anxiety Disorders in the DSM-5: New Rules on Diagnosis and Treatment. Mood and Anxiety Disorders Rounds. Canadian Network for Mood and Anxiety Treatments. (2013) :2(1):1-4

Khandare, S., Sabuwala, M., Palekar, T. J., & Kuma, V. (2017). Effect Of Jacobson’s Relaxation Technique On Clinical Parameters In Hypertension Patients, 6(6), 1258–1263.

O’Brien, P. G. (2013). Keperawatan Kesehatan Jiwa Psikiatrik : Teori & Praktik. Jakarta.

Ottens, A.J. (2015). Coping with academic anxiety. New York: The Rosen Publishing Group.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. 2016. Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI), Edisi 1. Jakarta: Persatuan Perawat Indonesia.

Tim Pokja SIKI DPP PPNI. 2018. Standar Intervensi Keperawatan Indonesia (SIKI), Edisi 1. Jakarta: Persatuan Perawat Indonesia.

Tim Pokja SLKI DPP PPNI. 2018. Standar Luaran Keperawatan Indonesia (SLKI), Edisi 1. Jakarta: Persatuan Perawat Indonesia.

World Health Organization. Depression and other common mental disorders: global health estimates. (updated 2017 April 7; cited 2021 Nov 28) Available from: https://apps.who.int/iris/bitstream/

handle/10665/254610/WHO-MSD-MER--2017.2-eng.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-09-01

Terbitan

Bagian

Articles