KUNYIT ASAM SEBAGAI PENURUNAN DISMENOREA

Penulis

  • Anita Maryani Akper Alkautsar Temanggung
  • Ratna Kurniawati Akper Alkautsar Temanggung

Abstrak

LATAR BELAKANG : Masa remaja ( pubertas ) merupakan masa transisi antara masa anak dan dewasa dimana terjadi pacu tumbuh ( growth spurt ) dan relative belum mencapai tahap kematangan mental dan sosial sehingga mereka harus menghadapi tekanan emosi dan sosial yang saling bertentangan. Minuman kunyit adalah suatu minuman yang diolah dengan bahan utama kunyit. Secara alamiah memang kunyit dipercaya memiliki kandungan bahan aktif yang dapat berfungsi sebagai analgesik, antipiretik, dan antiinflamasi. Selain itu dijelaskan bahwa minuman kunyit sebagai pengurang rasa nyeri pada dismenorea primer memiliki efek samping minimal ( Limananti dan Triratnawati, 2003). Senyawa aktif atau bahan kimia yang terkandung dalam kunyit adalah curcumine ( Putri, 2006 ). TUJUAN : Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh minuman kunyit terhadap penurunan tingkat nyeri saat mentruasi. METODE : Model penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dan teknik sampel penelitian menggunakan purposive sampling. Quasy eksperimen dengan rancangan penelitian non-equivalent control group. Quasy eksperimen ( pre and post test design ) dan pendekatan waktu cros sectional. HASIL : Penelitian didapatkan hasil bahwa nila p value = 0,046 yang berarti < α 0,05 yang menyimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, hal ini menunjukan bahwa ada pengaruh minuman kunyit asam terhadap penurunan skala nyeri haid primer. KESIMPULAN : Minuman kunyit asam dapat menurunkan skala nyeri haid primer.

Referensi

Safitri, Maya,dkk. 2014. Pengaruh Minuman Kunyit Asam Terhadap Penurunan Skala Nyeri Haid Primer Pada Mahasiswi DIII Kebidanan. Bangka Belitung.

Sucian, Sri Rahma, dkk.2014.Efektivitas Pemberian Rebsan Kunyit Asam Terhadap Penurunan Dismenorea. Riau.

Winarso, Agus. 2014. Pengaruh Minum Kunyit Asam Terhadap Penurunan Tingkat Nyeri Dismenorea Pada Siswi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jatinom Klaten, Surakarta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-04-29

Terbitan

Bagian

Articles