EFEKTIVITAS KUNYIT ASAM SEBAGAI PENURUN NYERI PADA REMAJA YANG MENGALAMI DISMENORE

Ulvi Susanti, Tri Suraning Wulandari, Parmilah .

Sari


 Menstruasi adalah salah satu tanda kedewasaan seorang perempuan, seringkali saat menstruasi mengalami nyeri yang disebut dismenore. Dismenore merupakan gangguan saat menstruasi ditandai dengan nyeri penggul, seperti kram dan selama mengalami dismenore akan mengganggu dalam beraktivitas. Dismenore diklasifikasikan menjadi dismenore primer dan sekunder. Prevalensi kejadian dismenore pada wanita muda sekitar 16,8-81%. Dismenore primer tidak mengancam nyawa, tetapi apabila di biarkan tetap dapat berakibat buruk bagi penderita seperti depresi, infertilitas, gangguan fungsi seksual penurunan kualitas hidup Beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk menurunkan dismenore adalah farmakologi dan non farmakologi. Salah satu cara menurunkan dismenore dengan non farmakologi tanpa mendapatkan efek samping adalah dengan pemberian minuman tradisional yaitu kunyit asam. Senyawa aktif terdapat pada kunyit yaitu curcumine yang mampu mengurangi terjadinya nyeri menstruasi pada wanita. Sedangkan pada asam jawa mengandung asam sitrat, asam sitrat inilah membantu meringankan nyeri. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran tentang efektivitas kunyit asam sebagai penurun nyeri pada remaja yang mengalami dismenore. 

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian diperoleh kedua responden setelah pemberian kunyit asam saat dismenore mengalami penurunan skala nyeri dari skala nyeri 8 dan 4 menjadi skala nyeri 4 dan 2.

Kesimpulan, terjadi penurunan skala nyeri pada remaja setelah diberikan kunyit asam. Dengan adanya pengaruh pemberian minuman kunyit asam terhadap dismenore primer maha diharapkan responden dapat mengkonsumsi minuman kunyit asam sebagai salah satu cara non farmakologi mengatasi dismenore primer.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Almada, A. 2010. Natural COX-2 Inhibitor The Future Of Pain Relief. Surabaya

Cholifah, & Handikasari, A. 2015. Hubungan Anemia, Status Gizi, Olahraga dan Pengetahuan dengan Kejadian Dismenore pada Remaja Putri. Midwiferia, 1(1), 31-43.

Delvi, H. 2018. Pengaruh Pemberian Minuman Kunyit Asam Terhadap Penurunan Dismenore Primer Pada Mahasiswi Tingkat II Prodi S1Keperawatan STIKES Mercubaktijaya Padang.

Haryono, Rudi. 2016. Siap Menghadapi Menstruasi dan Menopouse. Yogyakarta : Gosyen Publishing.

Kylenorton. 2010. Dalam Skripsi Pengaruh Pemberian Kunyit Asam Terhadap Kejadian Dismenore Pada Remaja Putri Di Pendukuhan Dagen Pendowohardjo Sewon Bantul.

Limananti A.I., Triratnawati A., 2003. Ramuan Jamu Cekok Sebagai Penyembuhan Kurang Nafsu Makan Pada Anak : Suatu Kejadian Etnomedisin, Makara Kesehatan, 7:11-20

Potter P.A., Perry A.G. 2010. Buku Ajar Fundamental Keperawatan : Konsep, Proses, Praktik. Jakarta: EGC.

Prawiroharjo. 2007. Ilmu Kandungan. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawiroharjo.

Setiawati SE. Pengaruh Stres Terhadap Siklus Menstruasi Pada Remaja. Jurnal Majority. 2015;4(1)

Sherwod, Lauralee. 2011. Fisiologi Manusia : Dari Sel Ke Sistem Edisi 6. Jakarta: EGC.

Sina. 2012. Khasiat Super Minuman Alam Tradisional : Beras Kencur Kunyit Asam. Diandra Pustaka Indonesia.

Sukarni K, I & Wahyu, P. 2013. Buku Ajar Keperawatan Maternitas. Yogyakarta: Nuha Medika

Sulistyorini, S., Santi, S. M., &Ningsih, S. S. 2017. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Dismenore Primer Pada Siswi SMA PGRI 2 Palembang. Journalstikesmp.ac.id. volume 5.

Supriadi. 2014. Peregangan Otot Perut. Yogyakarta: Kata Hari.

Teknik et al. 2019. Efektivitas Teknik Yoga dan Abdominal Stretching Exercise Terhadap Intensitas Nyeri Haid (Dismenore) pada Mahasiswi di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Magelang.

Tim Pokja SDKI DPP PPNI. 2016. Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (SDKI),Edisi 1. Jakarta: Persatuan Perawat Indonesia

WHO. 2015. Profil Kesehatan Dunia.

Zuliani dan Pujiani. 2013. Pengaruh Stimulais Kutaneus (Slow Stroke Back Massage)Terhadap Penurunan Nyeri Haid (Dismenore). Semarang : Jurnal Edu Health.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.