PENGARUH MINUMAN BERSODA BAGI TUBUH MANUSIA

Penulis

  • Andre Nova Wijaya
  • Ratna Kurniawati

Abstrak

LATAR BELAKANG: Minuman berkarbonasi merupakan minuman yang sudah tidak memiliki kandungan alkohol, dan bahan tambahannya dapat membahayakan kesehatan. Big Cola adalah minuman berkarbonasi yang mengandung bahan pewarna, bahan pengawet, serta bahan pemanis buatan.TUJUAN: Untuk mengetahui pengaruh pemberian minuman berkarbonasi terhadap kadar ureum darah pada mencit (Mus musculus) galur Swiss Webster.METODE: Penelitian eksperimen  ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap, dengan sampel 20 ekor mencit jantan, berumur 3-4 bulan dan BB 20-40 g. Big cola yang diberikan pada mencit secara oral, 20 ekor mencit dibagi kedalam 4 kelompok, yaitu R (placebo) kelompok yang diberi air sumur sebanyak 0,06ml/29g BB satu kali sehari selama 14 harii, P1 kelompok yang diberi Big Cola rasa stroberi sebanyak 0,06ml/29g BB satu kali sehari selama 14 hari, P2 kelompok yang diberi Big Cola rasa stroberi sebanyak 0,06ml/29g BB dua kali sehari selama 14 hari, dan P3 kelompok yang diberi Big Cola rasa stroberi sebanyak 0,06ml/29g BB tiga kali sehari selama 14 hari.HASIL: Hasil analisis statistik  one way anova menunjukkan selisih rata-rata kadar ureum darah mencit mengalami kenaikan yaitu tertinggi pada P3 (2,89mg/dl) dan terendah pada placebo (1,16mg/dl) tetapi belum berpengaruh terhadap kadar ureum darah mencit.KESIMPULAN: Dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh minuman berkarbonasi merk Big Cola rasa stroberi dengan dosis 0,06 ml/29 g BB selama 14 hari terhadap kadar ureum darah mencit.

Referensi

Erma Eviliananingtyas, dkk, 2014, Pengaruh Minuman Berkorbonasi Terhadap Kadarurem Darah Mencit Pada Mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Surakarta.

Gracia Ch. Tooy, dkk, 2016, Bahaya Minuman Bersoda Bagi Kesehatan Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Nusa Utara, Kepulauan Sangihe.

Fadila Rahayu, dkk, 2019, Pengaruh Pemberian Minuman Berkarbonasi Terhadap Gamabaran Histopatologi Esofagus Tikus Putih Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran, Lampung.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-03-14

Terbitan

Bagian

Articles